Soal dan Jawaban Pkn Kelas XI semester 2
BAB SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL
TES FORMATIF 1
Soal Pilihan Ganda
1. Hukum yang bertugas mengatur hubungan hukum yang terjadi antarnegara dan organisai antarnegara dalam kaitannya dengan ketentraman hidup bernegara disebut....
a. hukum publik internasional
b. hukum perdata internasional
c. hukum dagang internasional
d. hukum laut internasional
e. hukum internasional
2. Keseluruhan kaidah dan asas yang menatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas- batas negara antara negara dan negara, negara dan lembaga atau organisasi internasional, pengertian hukum internasional menurut....
a. Hackwort
b. Mochtar Kusumaatmaja
c. Wirjono Prodjodikoro
d. Sam Suhaedi
e. J.G. Staarke
3. Di bawah ini yang termasuk asas hukum internasional adalah asas....
a. kepentingan umum
b. persamaan derajat
c. kemerdekaan
d. kemanusiaan
e. hak dan kewajiban
4. Hubungan antarbangsa, diperlukan adanya saling menukar informasi yang barkaitan dengan bidang hukum antarbangsa yang dilakukan adalah asas....
a. kebangsaan
b. persamaan harkat
c. kepentingan umum
d. keterbukaan
e. teritorial
5. Asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat, yaitu asas....
a. teritorial
b. kedamaian
c. kebangsaan
d. kepentingan umum
e. kemerdekaan
6. Hakikat asas ini adalah bahwa negara memiliki kewenangan untuk melaksanakan hukum bagi semua orang dan barang yang berada di luar wilayah negaranya adalah asas...
a. teritorial
b. kedamaian
c. kebangsaan
d. kepentingan umum
e. kemerdekaan
7. Negara yang merdeka, berdaulat, dan tidak merupakan bagian suatu negara, pengertian dari....
a. negara
b. tahta suci
c. individu
d. organisasi internasional
e. palang merah Indonesia
8. Perjanjian internasional yang dapat dianggap sebagai sumber hukum internasional adalah....
a. kebiasaan internasional
b. piagam mahmakah internasional
c. law making treaty dan treaty contracts
d. the pequette habana and the lola
e. keputusan pengadilan
9. Menurut pasal 38 Piagam Mahmakah Internasional, yang dimaksud dengan kebiasaan internasional adalah...
a. kebiasaan internasional
b. piagam mahkamah internasional
c. kebiasaan yang diterima sebagai hukum internasional
d. law making treaty dan treaty contract
e. the pequette habana and the Lola
10. Perbedaan hukum internasional dan hukum nasional ditinjau dari ruang lingkup berlakunya adalah hukum internasional....
a. dibuat oleh wakil-wakil negara sedangkan hukum nasional dibuat oleh wakil rakyat
b. berlaku di seluruh dunia sedangkan hukum nasional berlaku di suatu negara
c. berlakunya sepanjang masa sedangka hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat
d. dibuat dengan keinginan rakyat, sedangkan hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat
e. terdiri atas sekumpulan asas-asas, sedangkan hukum nasional merupakan sekumpulan peraturan
Kunci Jawaban
BAB PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA SESUAI UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
TES FORMATIF 2
Soal Pilihan Ganda
1. Sistem politik luar negeri Indonesia adalah….
a. Pancasila
b. liberal
c. terpimpin
d. konstitusional
e. bebas aktif
2. Bangsa Indonesia hidup berdampingan dan menjalin persahabatan dengan negara-negara di dunia. Hal ini sesuai tujuan nasional bangsa Indonesia, yaitu….
a. melindungi seluruh tumpah darah Indonesia
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. memajukan kesejahteraan umum
d. meningkatkan martabat bangsa
e. turut serta menciptakan ketertiban dan perdamaian dunia
3. Subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah….
a. kepala negara
b. pemerintah
c. departemen luar negeri
d. negara
e. pengusaha
4. Hubungan antara negara yang satu dengan yang lainnya dalam pergaulan internasional disebut….
a. hubungan antarindividu
b. hubungan antarkelompok
c. hubngan antarnegara
d. hubungan antargolongan
e. hubungan antarmasyarakat
5. Berikut faktor-faktor terjadinya hubungan internasional, kecuali….
a. kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang harus mengadakan kerja sama antarsesama
b. faktor wilayah yang saling berjauhan akan mengakibatkan timbulnya kerjasama regional dan internasional
c. pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri
d. kepentingan nasional untuk melakukan ekspansi ke negara lain
e. tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan kehidupan dunia yang tertib, adil dan merata
6. Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut….
a. bilateral
b. regional
c. nasional
d. international
e. multilateral
7. Landasan idiil bagi politik luar negeri Indonesia adalah….
a. Pancasila
b. UUD 195
c. GBHN
d. Tap MPR
e. Keppres
8. Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah….
a. mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara
b. menciptakan pergaulan internasional yang tertib tanpa adanya pertikaian perang maupun penjajahan dari satu negara ke negara lain
c. menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, dan politik antarnegara di dunia
d. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan
e. memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi international untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi
9. Berikut ini tugas dari perwakilan diplomatik permanen, kecuali….
a. mewakili negara pengirim di negara penerima
b. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima, dalam batas-batas yang diperkenankan hukum internasional
c. melakukan negosiasi dengan pemerintah negara penerima
d. dengan smua cara mengikuti benar-benar keadaan dan perkembangan yang terjadi di negara penerima, dan melaporkannya kepada pemerintah negara penerima
e. meningkatkan hubungan bersahabat antara negara penerima dan negara pengirim, serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan
10. Salah satu manfaat kerja sama dan hubungan internasional adalah….
a. memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil
b. mudah untuk mendapatkan pinjaman dari negara lain
c. menjadi bagian dari negara-negara maju
d. dapat melakukan intervensi ke negara lain
e. dapat membentuk blok raksasa dunia
11. Masuknya negara Indonesia menjadi anggota PBB adalah untuk….
a. memudahkan pengakuan dari negara lain
b. mendapatkan bantuan dari negara maju
c. ikut serta melaksankan ketertiban dunia
d. memasyarakatkan kekayaan alam Indonesia
e. merupakan kewajiban setiap negara
12. Keikutsertaan Indonesia dalam menjaga keamanan dan perdamaian dunia diwujudkan dalam bentuk….
a. pengirim pasukan garuda atas permintaan PBB
b. pengirim pasukan garuda untuk membantu salah satu negara
c. pengiriman petugas diplomat ke negara yang bersengketa
d. pengiriman utusan yang membawa misi perdamaian
e. menghindari persengketaan dengan negara-negara lain
13. Berikut kerjasama ASEAN di bidang budaya, kecuali….
a. tukar menukar pelajar
b. pemberantasan buta huruf
c. penanggulangan bencana alam
d. festival lagu dan kesenian antarnegara anggota ASEAN
e. pelaksanaan pameran seni tradisional
14. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah….
a. mengirimkan pasukan perdamain untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
b. menentang Malaysia yang diterima sebagai Dewan Keamanan PBB
c. membentuk NEFO untuk menandingi PBB
d. keluar dari keanggotaan PBB
e. mendukung segala kebijakan yang diambil oleh PBB
15. Dalam menyelesaikan masalah luar negeri, Indonesia selalu mengedepankan cara….
a. kekerasan
b. diplomatik
c. perang
d. intervensi
e. blockade
16. Markas besar PBB terdapat di ….
a. Paris
b. Italia
c. New York
d. London
e. Jakarta
17. Indonesia menjadi anggota PBB pada tahun….
a. 1945
b. 1950
c. 1960
d. 1965
e. 1970
18. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah….
a. keluar dari keanggotaan PBB
b. membentuk NEFO untuk menanding PBB
c. membentuk pasukan perdamaian untuk turut aktif memelihara perdamaian dunia
d. menantang Malaysia yang diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan
e. selalu mengikuti perintah dewan keamanan PBB
19. Tujuan utama upaya perdamaian dunia adalah….
a. menyelamatkan umat manusia dari bahaya perang
b. membantu negara-negara yang sedang dilanda perang
c. melaksankan politik hidup rukun dan berdampingan
d. mewujudkan tatanan dunia yang tertib, aman , dan damai
e. memudahkan negara maju untuk mengintervensi negara yang lain
20. Sifat politik luar negeri yang bebas dan aktif selain untuk kepentingan nasional juga untuk….
a. membantu negara-negara sahabat
b. menjalin kerjasama yang menguntungkan
c. mewujudkan tata dunia baru yang damai
d. mewujudkan amanat penderitaan rakyat
e. mempermudah meminta bantuan kepada negara lain
KUNCI JAWABAN
UJI KOMPETENSI
TES FORMATIF 1
Soal Pilihan Ganda
1. Hukum yang bertugas mengatur hubungan hukum yang terjadi antarnegara dan organisai antarnegara dalam kaitannya dengan ketentraman hidup bernegara disebut....
a. hukum publik internasional
b. hukum perdata internasional
c. hukum dagang internasional
d. hukum laut internasional
e. hukum internasional
2. Keseluruhan kaidah dan asas yang menatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas- batas negara antara negara dan negara, negara dan lembaga atau organisasi internasional, pengertian hukum internasional menurut....
a. Hackwort
b. Mochtar Kusumaatmaja
c. Wirjono Prodjodikoro
d. Sam Suhaedi
e. J.G. Staarke
3. Di bawah ini yang termasuk asas hukum internasional adalah asas....
a. kepentingan umum
b. persamaan derajat
c. kemerdekaan
d. kemanusiaan
e. hak dan kewajiban
4. Hubungan antarbangsa, diperlukan adanya saling menukar informasi yang barkaitan dengan bidang hukum antarbangsa yang dilakukan adalah asas....
a. kebangsaan
b. persamaan harkat
c. kepentingan umum
d. keterbukaan
e. teritorial
5. Asas yang didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat, yaitu asas....
a. teritorial
b. kedamaian
c. kebangsaan
d. kepentingan umum
e. kemerdekaan
6. Hakikat asas ini adalah bahwa negara memiliki kewenangan untuk melaksanakan hukum bagi semua orang dan barang yang berada di luar wilayah negaranya adalah asas...
a. teritorial
b. kedamaian
c. kebangsaan
d. kepentingan umum
e. kemerdekaan
7. Negara yang merdeka, berdaulat, dan tidak merupakan bagian suatu negara, pengertian dari....
a. negara
b. tahta suci
c. individu
d. organisasi internasional
e. palang merah Indonesia
8. Perjanjian internasional yang dapat dianggap sebagai sumber hukum internasional adalah....
a. kebiasaan internasional
b. piagam mahmakah internasional
c. law making treaty dan treaty contracts
d. the pequette habana and the lola
e. keputusan pengadilan
9. Menurut pasal 38 Piagam Mahmakah Internasional, yang dimaksud dengan kebiasaan internasional adalah...
a. kebiasaan internasional
b. piagam mahkamah internasional
c. kebiasaan yang diterima sebagai hukum internasional
d. law making treaty dan treaty contract
e. the pequette habana and the Lola
10. Perbedaan hukum internasional dan hukum nasional ditinjau dari ruang lingkup berlakunya adalah hukum internasional....
a. dibuat oleh wakil-wakil negara sedangkan hukum nasional dibuat oleh wakil rakyat
b. berlaku di seluruh dunia sedangkan hukum nasional berlaku di suatu negara
c. berlakunya sepanjang masa sedangka hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat
d. dibuat dengan keinginan rakyat, sedangkan hukum nasional dibuat berdasarkan akal sehat
e. terdiri atas sekumpulan asas-asas, sedangkan hukum nasional merupakan sekumpulan peraturan
Kunci Jawaban
- E
- B
- A
- D
- D
- A
- A
- C
- C
- B
BAB PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA SESUAI UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
TES FORMATIF 2
Soal Pilihan Ganda
1. Sistem politik luar negeri Indonesia adalah….
a. Pancasila
b. liberal
c. terpimpin
d. konstitusional
e. bebas aktif
2. Bangsa Indonesia hidup berdampingan dan menjalin persahabatan dengan negara-negara di dunia. Hal ini sesuai tujuan nasional bangsa Indonesia, yaitu….
a. melindungi seluruh tumpah darah Indonesia
b. mencerdaskan kehidupan bangsa
c. memajukan kesejahteraan umum
d. meningkatkan martabat bangsa
e. turut serta menciptakan ketertiban dan perdamaian dunia
3. Subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah….
a. kepala negara
b. pemerintah
c. departemen luar negeri
d. negara
e. pengusaha
4. Hubungan antara negara yang satu dengan yang lainnya dalam pergaulan internasional disebut….
a. hubungan antarindividu
b. hubungan antarkelompok
c. hubngan antarnegara
d. hubungan antargolongan
e. hubungan antarmasyarakat
5. Berikut faktor-faktor terjadinya hubungan internasional, kecuali….
a. kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang harus mengadakan kerja sama antarsesama
b. faktor wilayah yang saling berjauhan akan mengakibatkan timbulnya kerjasama regional dan internasional
c. pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri
d. kepentingan nasional untuk melakukan ekspansi ke negara lain
e. tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan kehidupan dunia yang tertib, adil dan merata
6. Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut….
a. bilateral
b. regional
c. nasional
d. international
e. multilateral
7. Landasan idiil bagi politik luar negeri Indonesia adalah….
a. Pancasila
b. UUD 195
c. GBHN
d. Tap MPR
e. Keppres
8. Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah….
a. mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara
b. menciptakan pergaulan internasional yang tertib tanpa adanya pertikaian perang maupun penjajahan dari satu negara ke negara lain
c. menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, dan politik antarnegara di dunia
d. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan
e. memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi international untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi
9. Berikut ini tugas dari perwakilan diplomatik permanen, kecuali….
a. mewakili negara pengirim di negara penerima
b. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima, dalam batas-batas yang diperkenankan hukum internasional
c. melakukan negosiasi dengan pemerintah negara penerima
d. dengan smua cara mengikuti benar-benar keadaan dan perkembangan yang terjadi di negara penerima, dan melaporkannya kepada pemerintah negara penerima
e. meningkatkan hubungan bersahabat antara negara penerima dan negara pengirim, serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan
10. Salah satu manfaat kerja sama dan hubungan internasional adalah….
a. memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil
b. mudah untuk mendapatkan pinjaman dari negara lain
c. menjadi bagian dari negara-negara maju
d. dapat melakukan intervensi ke negara lain
e. dapat membentuk blok raksasa dunia
11. Masuknya negara Indonesia menjadi anggota PBB adalah untuk….
a. memudahkan pengakuan dari negara lain
b. mendapatkan bantuan dari negara maju
c. ikut serta melaksankan ketertiban dunia
d. memasyarakatkan kekayaan alam Indonesia
e. merupakan kewajiban setiap negara
12. Keikutsertaan Indonesia dalam menjaga keamanan dan perdamaian dunia diwujudkan dalam bentuk….
a. pengirim pasukan garuda atas permintaan PBB
b. pengirim pasukan garuda untuk membantu salah satu negara
c. pengiriman petugas diplomat ke negara yang bersengketa
d. pengiriman utusan yang membawa misi perdamaian
e. menghindari persengketaan dengan negara-negara lain
13. Berikut kerjasama ASEAN di bidang budaya, kecuali….
a. tukar menukar pelajar
b. pemberantasan buta huruf
c. penanggulangan bencana alam
d. festival lagu dan kesenian antarnegara anggota ASEAN
e. pelaksanaan pameran seni tradisional
14. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah….
a. mengirimkan pasukan perdamain untuk turut aktif menciptakan perdamaian dunia
b. menentang Malaysia yang diterima sebagai Dewan Keamanan PBB
c. membentuk NEFO untuk menandingi PBB
d. keluar dari keanggotaan PBB
e. mendukung segala kebijakan yang diambil oleh PBB
15. Dalam menyelesaikan masalah luar negeri, Indonesia selalu mengedepankan cara….
a. kekerasan
b. diplomatik
c. perang
d. intervensi
e. blockade
16. Markas besar PBB terdapat di ….
a. Paris
b. Italia
c. New York
d. London
e. Jakarta
17. Indonesia menjadi anggota PBB pada tahun….
a. 1945
b. 1950
c. 1960
d. 1965
e. 1970
18. Salah satu peran Indonesia dalam PBB adalah….
a. keluar dari keanggotaan PBB
b. membentuk NEFO untuk menanding PBB
c. membentuk pasukan perdamaian untuk turut aktif memelihara perdamaian dunia
d. menantang Malaysia yang diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan
e. selalu mengikuti perintah dewan keamanan PBB
19. Tujuan utama upaya perdamaian dunia adalah….
a. menyelamatkan umat manusia dari bahaya perang
b. membantu negara-negara yang sedang dilanda perang
c. melaksankan politik hidup rukun dan berdampingan
d. mewujudkan tatanan dunia yang tertib, aman , dan damai
e. memudahkan negara maju untuk mengintervensi negara yang lain
20. Sifat politik luar negeri yang bebas dan aktif selain untuk kepentingan nasional juga untuk….
a. membantu negara-negara sahabat
b. menjalin kerjasama yang menguntungkan
c. mewujudkan tata dunia baru yang damai
d. mewujudkan amanat penderitaan rakyat
e. mempermudah meminta bantuan kepada negara lain
KUNCI JAWABAN
- E
- E
- D
- C
- D
- A
- A
- D
- D
- A
- C
- D
- C
- A
- B
- C
- B
- C
- D
- C
UJI KOMPETENSI
SOAL PILIHAN GANDA
1. Ancaman terhadap integrasi nasional merupakan sesuatu yang dapat membahayakan
persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia, salah satunya adalah intervensi yaitu ....
A. Suatu upaya untuk menguasai wilayah negara lain
B. Campur tangan terhadap urusan dalam negeri negara lain
C. Suatu tindakan yang bertujuan untuk mengubah atau mengganti falsafah Negara
D. Suatu usaha yang dilakukan sekelompok orang untuk memisahkan diri dari negara
Asal
E. Penyusupan perorangan/sekelompok orang melalui celah celah atau kelemahan
wilayah lawan
2. Gerakan separatis merupakan salah satu ancaman terhadap integrasi nasional, karena gerakan tersebut merupakan gerakan sekelompok orang yang ingin memisahkan diri dari negara asalnya dan membentuk negara merdeka.
Salah satu contoh gerakan separatis yang pernah terjadi di Indonesia adalah ....
A. Kasus Semanggi
B. Peristiwa Tri Sakti
C. Peristiwa bom Bali
D. Gerakan G 30 S /PKI
E. Gerakan Aceh Merdeka
3. Negara Indonesia pernah mengalami ancaman terhadap integrasi nasional yaitu pada tahun
1965 yang dikenal dengan istilah G 30 S/PKI yang mana pada peristiwa tersebut negara kita kehilangan beberapa Jenderal yang dibunuh secara keji oleh PKI.Peristiwa tersebut merupakan salah satu ancaman dibidang ideologi karena ....
A. PKI ingin menguasasi kekayaan alam Indonesia
B. PKI ingin menjajah negara Indonesia seperti halnya negara Belanda
C. PKI ingin menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi komunis
D. PKI ingin merubah sistem pemerintahan negara Indonesia secara keseluruhan
E. PKI ingin meletakkan orang-orang nya di kursi pemerintahan negara Indonesia
4. Ancaman dari luar berupa fenetrasi nilai-nilai budaya luar sulit dibendung.Kemajuan teknologi informatika mengaki batkan dunia menjadi desa global tempat interaksi antar masyarakat dunia.Yang terjadi tidak hanya transfer informasi, tetapi juga transformasi dan sublimasi nilai-nilai luar secara serta merta sulit dikontrol.Berikut ini yang merupakan salah satu bentuk ancaman dibidang sosial budaya adalah ....
A. Semakin maraknya penyeludupan narkoba, imigran gelap masuk ke Indonesia.
B. Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi dibidang apa saja dengan kecanggihan teknologi informatika.
C. Semakin terpuruknya pendapatan pengusaha kecil di Indonesia, karena tidak mampu bersaing harga dengan produk luar.
D. Semakin maraknya perdebatan antar elit-elit politik yang berdampak pada menipisnya kepercayaan masyarakat kepada elit politik
E. Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualistis,konsumerisme, dan permisif.
5. Gerakan separatis merupakan salah satu tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Yang dimaksud Gerakan separatis adalah ....
A. Gerakan untuk menggagalkan suatu acara
B. Gerakan untuk melawan kebijakan pemerintah
C. Gerakan untuk memecah belah antar etnis/suku bangsa
D. Gerakan untuk merebut wilayah negara lain untuk di kuasai
E. Gerakan untuk mendirikan suatu negara baru/melepaskan diri dari negara asal
6. Tayangan di televisi yang dapat merusak moral bangsa Indonesia adalah….
A. banyak iklannya
B. menonjolkan aspek pornografi
C. menayangkan musik tradisional
D. menayangkan film-film barat
E. menyiarkan beragam kebudayaan daerah
7. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk ancaman militer, kecuali …
A. sabotase
B. agresi
C. spionase
D. pelanggaran wilayah
E. aksi demokrasi
8. Kondisi dinamika yaitu suatu bangsa yang berisi ketangguhan dan keuletan yang bisa mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam mengahdapi dan mengatasi segala hambatan tantangan, dan ancaman baik yang berasal dari dalam maupun dari luar merupakan pengertian dari …..
A. ancaman
B. ketahanan nasional
C. pertahanan dan keamanan
D. ideologi
E. disintegrasi
9. Di bawah ini merupakan pengaruh negatif globalisasi sosial budaya yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia khususnya dalam bidang sosial budaya, yaitu …
A. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar .
B. sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang
C. cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing
D. memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, dan kesetiakawanan social
E. timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat persaingan bebas
10. Ancaman dari luar timbul sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, di antaranya yaitu gaya hidup di mana kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidu tertinggi dan membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dinamakan …
A. liberalisme
B. hedonisme
C. westernisasi
D. konsumerisme
E. indivudualisme
11. Dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dalam bentuk meniru model pakain yang biasa dipakai orang-orang barat yang sebenarnya bertentangan dengan nilai dan norma-norma
yang berlaku misalnya memakai rok mini, lelaki memakai anting-anting…
A. liberalisme
B. Hedonisme
C. westernisasi
D. konsumerisme
E. indivudualisme
12. Dalam sistem pertahanan dan keamanan negara yang bersifat semesta bercirikan kerakyatan adalah …
A. seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan.
B. seluruh sumber daya manusia dan alam didayagunakan bagi upaya pertahanan.
C. orientasi pertahanan dan kemanan negara diabdikan oleh dan untuk kepentingan seluruh rakyat
D. kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan.
E. kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
13. Sistem pertahanan dan keamanan negara di mana gelar kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan adalah ciri dari …
A. Kerakyatan
B. Kesemestaan
C. Kewilayahan
D. Sishankamrata
E. Alutsista Negara
14. Berikut adalah yang bukan merupakan strategi dalam mengatasi ancaman di bidang politik adalah …
A. Mengembangkan demokrasi politik.
B. Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.
C. Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik
D. Meningkatkan daya beli masyarakat melalui program Jaringan Pengaman Sosial
E. Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa
15. Sistem ekonomi kerakyatan merupakan senjata ampuh untuk melumpuhkan ancaman di bidang ekonomi dan memperkuat kemandirian bangsa. Untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan dengan …
A. Mengembangkan demokrasi politik.
B. Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.
C. Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik
D. perekonomian yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat
E. Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
KUNCI JAWABAN
- B
- E
- C
- E
- E
- B
- E
- B
- D
- B
- C
- C
- C
- D
- D
UJI KOMPETENSI
SOAL PILIHAN GANDA
1. Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional adalah ....
A. Menghapus bahasa daerah
B. Menghilangkan budaya lokal
C. Memisahkan penduduk yang miskin
D. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
E. Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat
2. Sikap perilaku yang dapat menyebabkan disintegrasi nasional dilingkungan sekolah adalah ....
A. Bermusuhan dengan saudara kandung
B. Tidak mau mengikut kegiatan gotongroyong di masyarakat
C. Sering melakukan pelanggaran terhadap tata tertib lalu lintas
D. Tidak menghargai pendapat teman pada saat diskusi kelompok
E. Tidak mau menghargai aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
3. Masyarakat Indonesia bersifat majemuk terdiri berbagai suku bangsa, adat istiadat, agama dan kebudayaan. Dalam perbedaan tersebut proses hubungan kerja dan terbentuk kesatuan yang harmonis.Berdasarkan itu dapat diketahui adanya proses menuju ....
A. Integrasi
B. Persaingan
C. Kristalisasi
D. Kerjasama
E. Disintegrasi
4. Berikut ini adalah contoh sikap yang mencerminkan komitmen persatuan dalam kehidupan di sekolah yaitu ....
A. Mengadakan bakti sosial
B. Tidak membedakan SARA
C. Ikut serta dalam kegiatan kerjabakti
D. Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
E. Tidak membedakan teman dalam bergaul di kelas
5. Berikut yang bukan merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia adalah ….
A. Adat istiadat
B. Lambang negara
C. Bendera nasional
D. Bahasa Indonesia
E. Lagu kebangsaan
6. Di bawah ini yang bukan merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional adalah......
A. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia
B. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
C. Adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas dan toleransi keagamaan yang kuat
D. Rasa egois tinggi terhadap kebenaran Ras, suku, agama, dan budaya sendiri
E. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika
7. Di bawah ini yang bukan merupakan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional adalah......
A. Rasa egois tinggi terhadap kebenaran Ras, suku, agama, dan budaya sendiri
B. Adanya sikap ketidakpuasan terhadap segala ketimpangan dan ketidak merataan hasil pembangunan
C. Rasa Nasionalisme yang tinggi
D. Kurangnya kesadaran di dalam diri masing-masing rakyat Indonesia terhadap segala ancaman dan gangguan yang muncul dari luar
E. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang memiliki sifat heterogen.
8. Momentum yang merupakan konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat adalah…
A. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
B. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
C. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945
D. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945
E. Dimasukannya Burung Garuda sebagai Lambang Negara Republik Indonesia
9. Semangat kebangsaan disebut juga sebagai nasionalisme dan patriotisme. Artinya pemahaman yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state.Semangat kebangsaan tersebut dapat diterapkan dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.Adapun contoh penerapan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah adalah ....
A. Mencintai tanah air dan bangsa
B. Berani membela kebenaran dan keadilan
C. Menghormati orangtua dan menjaganya
D. Mengikuti kegiatan siskamling di desanya
E. Mematuhi peraturan dan tatatertib sekolah
10. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali....
A. Pembangunan berjalan lancar
B. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
C. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
D. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
E. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa
KUNCI JAWABAN
- E
- D
- A
- E
- A
- D
- C
- B
- E
- E
Referensi :
Komentar
Posting Komentar